Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Mengatasi dengan Obat Sisik & Sungut Ikan Arwana Berjamur

Sungut Ikan Arwana

Mengatasi jamur pada sungut & sisik arwana memang terbilang susah. Tapi bisa dicoba, di bawah ini ada beberapa cara dan obat mengatasi sungut arwana berjamur yang dapat dilakukan salah satu pilih mana yang tepat. Jika jamur sungut arwana tidak sembuh bisa di lanjutkan pakai cara yang lainnya.

1. Diusap, diurut saja jamurnya.pelan-pelan. Hati-hati sungutnya putus. Kemudian kasih antibiotik dan set heater 32.

2. Saya biasa cuma pakai garam ikan 3 kepal saja. Sama air sebatas badan ikam lewat dikit. Saya ga pakai heater. Cuma garam saja. Tiap hari ganti air plus gosok-gosok kaca. 3 hari ilang jamur kumis nya. Sehari kuras berapa %? 30% saja si kalau saya. Air setinggi badan ikan lewat dikit. Selama proses ga kasih makan. Masukin manfish, biasa dia suka totol-totol kumis yang berjamur.

3. Ganti air, ganti media filternya seperti saring airnya, kasih heater set 32 cm. Kemudian kasih tetracilin (Tetracycline beli saja di apotik, cukup 1-2 kapsul saja. Tertracilin bentuknya serbuk tapi dia dalam tablet jadi mesti dibuka dulu tabletnya dan yang diberikan hanya serbuknya) atau cipro pasti sembuh.

4. Ada juga yang pakai abotil, tapi kalau saya, ga rekomendasi abotyl. Pernah coba malah merusak dan jamur muncul lagi!  Kalau masih awal hajar garam kira kira 500gr (setengah kilo) per 100 liter air. Suhu 32° dah bener. Kuras tiap hari 30% tambahin garam menurut proposi air yang dibuang.

Lakukan ini sampai 2 minggu setelah jamur kelihatan hilang. Kalau sudah parah pakai alternatif pengobatan lain.

5. Bius dulu, kemudian sungut diusap sama kapas yang di beri PK (Potasium kalamangat, maaf kalau salah tulis kurang lebihnya seperti itu). Ulang terus sampai 4 kali setiap 2 hari, niscaya jamur sungut pasti hilang lenyap.

pk obat jamur arwana

Selama ini pemakaian sedikit saja. Dan it works for my goldfish (lebih rentan dengan jamur, white spot, tail rot, cloud eyes). Pemakaian nya aku selama ini sisain air setengah. Kasih sedikit saja. Karena akan terjadi perubahan warna. Aku matiin filter 2jam. Aerator kencang. Kalau ada heater lebih bagus. Ntar nampak kok ada lendir-lendir yang lepas. Btw PK sebelmnya dilarutkan ke air dulu.

Sebenarnya obat yang pas adalah pomate. Cuman dalam kasus saya jamur sering kembali dalam hitungan hari/minggu apalagi dalam musim hujan. Nah PK ini lebih keras prosesnya.

Biasanya pakai pomate sedikit 2 hari beres. Air turunin jadi 30cm dan pakai oksigen saja jangan pakai filter. air kurangin dan tambah.

Pomate Arwana

6.  Beli garam biru di toko. Biasa di pakai buat koi. Kemudian bius dan urut-urut garamnya di sungut yang jamuran. Semoga gak balik lagi tu jamur.

Blue Salt garam ikan

Kmaren 1x oles saja pas bius oprek mata benerin sungut yang jamuran parah banget. Garam birunya gw tempelin di sungut agak banyak. Sambil diurut lurus dan bersihin. Sampai hari ini bersih dari jamur, malah singutnya mulai lurus. Tapi 1hr birunya nempel di sungut ikan

Pernah pakai abotil mengobati arwana jamuran, malah copot sungutnya kepanasan, hancur, nasib-nasib.

Singkatnya, mengatasi sungut ikan arwana yang berjamur :
  1. Ikan dibius om
  2. Ambil kain kasa + taburkan garamnya di kasa lalu di bersihkan sungutnya (semacam diserut, jangan terlalu kencang barangkali patah). Kemudian tambahkan lagi disungut. Kalau jamurnya tebal di bagian yang tebal ditipiskan saja.
  3. Sadarkan ikan dan jangan kasih lampu dan kalau saya masuk bak fiber ( ini treatment saya)
Semoga berhasil.

Tapi kalau kasusnya ngga parah, coba rutin ganti air sama kapas filter sering dibersihkan dan taburkan garam Blue Salt ke air ga apa-apa ( 2-3 ujung gagang sendok).

7. Pernah juga coba-coba obatin pakai kalpanak cair. Selang 10 menit begitu ikan sadar dari bius langsung nglupas tuntas jamur di kumis. Syarat: cara pakai harus benar.

O iya, ikan  harus dibius biar ikan tenang dan tepat sasaran di kumis, jangan sampai masuk mulut ikan, atau mata. Pakai kapas kasih kalpanak kasih di kumis. Beneran langsung nglupas seketika tu jamur.

Kalau pakai alternatif lain tanpa bius susah. Penah nyoba antibiotik + hiter gak ngefek. Apalagi jamur udah membandel. Cuma efek sembuh smentara saja. Nanti bakal kambuh lagi kalo air sampai dingin.

Post a Comment for "Mengatasi dengan Obat Sisik & Sungut Ikan Arwana Berjamur"